Selasa, 22 Juni 2010

Pemberian Pakan

Setelah seharian kemarin mempersiapkan kolam baru buat benih yang nantinya akan di sortir menurut ukuran, langkah selanjutnya adalah membiarkan air selama beberapa hari untuk siap diisi benih. Hal ini sengaja untuk membuat mikroba-mikroba yang menopang pertumbuhan benih. Karena usaha ini dilakukan di Bekasi, daerah yang cukup panas, maka kolam ini di isi dengan air sampai kedalaman max.30 cm. Nampak pada gambar yang saya pos kali ini kolam yang baru diisi air, dengan gambar kolam yang sudah diisi air bebeapa hari. Air kolam nampak lebih hijau. Hal ini menandakan bahwa mikroba-miroba yang diperlukan mulai hidup di kolam.
Hal lain yang saya pos hari ini adalah pemberian Pakan benih. Benih-benih yang nampak dalam gambar adalah benih yang belum disortir dari kolam sebelumnya. Pemindahan benih yang dilakukan kemarin hanyalah untuk mengurangi kepadatan kolam. Ternyata setelah benih-benih itu dipindah kolamkan, baru kami ketahui bahwa masih banyak benih dengan ukuran bervariasi, mulai dari 2cm-7cm. Selama benih belum dipisahkan yang selalu nampak dipermukaan kolam adalah benih-benih besar. 
Hal ini -ukuran benih yang bervariasi- lumrah terjadi, tentu penyebabya adalah terlalu padatnya kolam mengakibatkan tidak meratanya perolehan pakan. Dampak langsungnya adalah pertumbuhan dengan ukuran yang bervariasi. Untuk itu kami lakukan pemindahan beberapa benih ke kolam-kolam baru. Nah dari foto yang saya posting jelas terlihat variatifnya benih-benih tersebut. Oh ya, pemberian pakan sudah bukan dengan cacing sutra, tetapi dengan menggunakan pur. Beberapa hari ke depan akan dilakukan pes sortiran sesuai ukuran benih. Pasti akan saya postingkan...

1 komentar:

  1. pak bagaimana cara pengkomposan kolam agar ijo soalnya saya sudah mengkompos kolamm tapi kok warnanya merah gelap gitu ya...saya pake kotoran kambing..

    BalasHapus