Senin, 21 Juni 2010

Masih Pengurusan Benih Lele Sangkuriang

Hari ini lanjut lagi menangani benih-benih yang akan pindah kolam. Kemarin sudah dipindah ke kolam baru sekitar 1000 benih dari kolam pendederan. Memang harus dipindah tujuannya adalah mengurangi kepadatan benih lele. Bila terlalu padat, maka pertumbuhan akan terganggu, tidak bisa maximal. Selain itu kolam yang padat juga akan mengurangi kandungan oxigen dalam air.



Pemindahan benih tidak secara langsung dilakukan. Ada beberapa proses persiapan yang harus dilakukan/ Tentu saja setelah kolam siap, air diendapkan beberapa hari untuk menambah mikroba yang berguna bagi Benih baru. Setelah kolam siap dengan air yang 'matang' maka langkah selanjutnya adalah pemindahan benih. 
Ini dilakukan saat cuaca tidak panas, kami melakukannya pada pagi hari, jika pagi hari tidak dapat diselesaikan, maka lanjutkan menjelang senja, saat temperatur turun. Pindahkan secara hati-hati. Gunakan sarana (saringan, tempat menampung dll) yang tidak akan menimbulkan lebih banyak iritasi yang dapat mengakibatkan benih stress pada benih yang baru.
Hari ini semua proses akan kami lanjutkan, maksudnya proses pemindahan benih. Disamping itu kami juga mempersiapkan kolam lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar